Syarat & Ketentuan

Selamat Datang di www.simpelin.id.

Selanjutnya Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Simpelin Hidup Kita terkait Member situs www.simpelin.id serta aplikasi Smartphone Simpelin Mitra. Member Simpelin disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Member di bawah hukum. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.simpelin.id serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra, maka Member dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Member dengan PT. Simpelin Hidup Kita. Jika Member tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka Member tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.simpelin.id serta aplikasi smartphone Simpelin.

  1. Definisi
    1. PT. Simpelin Hidup Kita adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.simpelin.id serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra, yakni situs yang menyediakan layanan aplikasi Laundry . Selanjutnya dapat disebut Simpelin.

    2. Situs Simpelin adalah www.simpelin.id.

    3. Aplikasi Simpelin adalah Simpelin Mitra dan Simpelin dan dapat di download di Google Playstore.

    4. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Member dan Simpelin yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Member dan Simpelin, serta tata cara Memberan sistem layanan Simpelin.

    5. Member adalah pihak yang menggunakan layanan Simpelin Website dan Aplikasi.

    6. Member adalah Member terdaftar yang menggunakan fitur aplikasi laundry yang ada di Simpelin.

    7. Saldo adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Member (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Simpelin untuk menampung pembayaran dana transaksi jasa Laundry. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Simpelin aplikasi Smartphone Simpelin Mitra dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.

    8. Rekening Resmi Simpelin adalah rekening bersama yang disepakati oleh Simpelin dan para member untuk proses transaksi pembayaran di Situs Simpelin serta aplikasi Smartphone Simpelin Mitra.

  2. Akun, Saldo, Saldo Pelanggan, Kredit Produk, Password dan Keamanan
    1. Member dengan ini menyatakan bahwa member adalah orang yang mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

    2. Simpelin tidak memungut biaya pendaftaran kepada Member.

    3. Member memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon atau 1 (satu) email dapat digunakan untuk mendaftar lebih dari 1 (satu) outlet outlet Simpelin.

    4. Member yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai pemilik Laundry dan Penjual perlengkapan laundry.

    5. Member diharapkan mengunggah konten produk/jasa yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah outlet berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Member masih tidak mengunggah konten produk/jasa, maka Member menyetujui dan memahami bahwa Simpelin berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan outlet tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    6. Simpelin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Member, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan penghapusan Produk/Jasa, moderasi outlet, penutupan outlet, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun member.

    7. Simpelin memiliki kewenangan untuk menutup outlet atau akun Member baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Simpelin.

    8. Member dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Simpelin, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Outlet; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, promosi, dsb; (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

    9. Saldo berasal dari pembayaran dana transaksi (digital) pembayaran produk digital/Jasa di Situs Simpelin serta aplikasi Smartphone Simpelin Mitra dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).

    10. Saldo dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital di Situs Simpelin dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Member.

    11. Saldo hanya berasal dari hasil penjualan Barang dan komisi affiliate pada Situs Simpelin dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).

    12. Kredit Produk adalah saldo yang digunakan untuk membeli produk di situs Simpelin serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra. Kredit Produk tidak dapat di uangkan kembali, karena terhitung sebagai pembelian Produk Aplikasi Simpelin

    13. Kredit Produk didapatkan melalui pembelian voucher di sistem Simpelin serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra.

    14. Saldo hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Member, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital di Situs Simpelin serta aplikasi Smartphone Simpelin Mitra, namun dapat digunakan untuk fitur-fitur berlangganan dan produk yang disediakan oleh aplikasi Simpelin yaitu dialokasikan ke Saldo Kredit Produk.

    15. Saldo Pelanggan adalah tempat yang digunakan untuk menampung kembalian pembayaran jasa/produk pada outlet masing-masing melalui pembayaran tunai.

    16. Saldo Pelanggan juga dapat digunakan untuk metode pembayaran produk/jasa untuk outlet masing-masing.

    17. Saldo Pelanggan hanya dapat digunakan oleh outlet dan pelanggan masing-masing. Outlet lain tidak dapat mengakses dan mengetahui saldo pelanggan dari outlet lainnya.

    18. Pelanggan dapat melakukan deposit saldo pelanggan melalui outlet masing-masing dan menjadi tanggung jawab outlet masing-masing.

    19. Simpelin tidak bertanggung jawab atas Saldo pelanggan yang dimiliki oleh setiap outlet.

    20. Simpelin memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo dan Kredit Produk apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Simpelin.

    21. Member memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan dan Simpelin berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Member harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Member. Member menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Member.

    22. Member bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Member.

    23. Simpelin tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Member untuk alasan apapun, oleh karena itu Simpelin menghimbau Member agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Simpelin atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

    24. Member setuju untuk memastikan bahwa Member keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Simpelin jika ada Memberan tanpa izin atas sandi atau akun Member.

    25. Member dengan ini menyatakan bahwa Simpelin tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Member yang diakibatkan oleh kelalaian Member, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Member lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Member.

    26. Member dilarang mempromosikan outlet dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Member lain.

  3. Transaksi
    1. Outlet dapat membuat Nota sesuai kebutuhan yang diinginkan.

    2. Pembuatan nota diwajibkan menggunakan nama asli pelanggan dan dianjurkan memberikan no. handphone serta alamat untuk mendeteksi transaksi dengan benar.

    3. Outlet dapat menambahkan data produk / jasa ke dalam nota serta memberikan informasi biaya tambahan, biaya ongkos kirim atau diskon jasa outlet.

    4. Outlet wajib memberikan informasi jasa / produk dengan lengkap dan jelas agar dapat dengan mudah dicari saat melakukan pembuatan nota.

    5. Simpelin telah menyediakan metode pembayaran Tunai dan Non-tunai.

    6. Pembayaran tunai adalah pembayaran yang diterima oleh Outlet secara tunai tanpa melalui sistem yang disediakan Simpelin.

    7. Pembayaran non-tunai adalah pembayaran yang diterima melalui metode pembayaran digital yang disediakan oleh Simpelin Aplikasi untuk memudahkan pelanggan untuk dapat bertransaksi di aplikasi Laundry Simpelin Mitra.

    8. Pembayaran non-tunai akan dikenakan biaya 1% dari besar tagihan yang ditagihkan ke pelanggan dan akan dikenakan ke pembayaran digital pelanggan.

    9. Simpelin telah menyediakan Saldo Pelanggan untuk menampung biaya kembalian dari pelanggan saat transaksi dibentuk.

    10. Saldo Pelanggan dapat digunakan untuk pembayaran setiap nota pada outlet masing-masing. Saldo pelanggan hanya dapat digunakan oleh outlet yang bersangkutan dan tidak berhubungan dengan member Simpelin lainnya.

    11. Pembayaran non-tunai yang telah berhasil dibayarkan oleh pelanggan akan ditampung oleh Saldo pada situs Simpelin serta aplikasi Smartphone Simpelin Mitra yang selanjutnya dapat di cairkan ke rekening member yang terdaftar.

    12. Demi menjaga kenyamanan dalam bertransaksi, Member memahami dan menyetujui bahwa Simpelin berhak melakukan moderasi outlet apabila Member memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.

    13. Member memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Member akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Member sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.

    14. Simpelin tidak bertanggung jawab atas transaksi jasa / produk yang terjadi secara teknis yang dilakukan antara outlet / member dengan pelanggannya.

    15. Outlet memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Outlet.

    16. Outlet diberikan hak untuk dapat menggunakan fitur pemberitahuan kepada pelanggan setiap transaksi yang terjadi di situs Simpelin serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra.

    17. Simpelin akan mengirimkan Qrcode kepada pelanggan agar dapat digunakan saat pengambilan produk / jasa yang telah diselesaikan oleh outlet.

    18. Outlet dapat menggunakan layanan cari pelanggan, cari transaksi serta scan Qrcode untuk mencari transaksi yang terjadi sebelumnya.

    19. Simpelin menyediakan fitur proses produksi untuk melengkapi proses pengerjaan Outlet laundry

    20. Outlet dapat mengoptimalkan media penyimpanan barang untuk barang yang telah selesai diproses dan menunggu diambil oleh pelanggan.

  4. Penataan Kategori
    1. Outlet dapat membuat kategori sesuai dengan jasa / produk yang dijual oleh Outlet.

    2. Outlet dilarang memberikan keterangan selain / diluar dari jasa / produk yang dijual oleh outlet.

    3. Penamaan Kategori dan informasi jasa harus sesuai denga informasi detail, estimasi selesai denga demikian member tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan jasa/produk tersebut.

  5. Biaya Layanan
    1. Simpelin tidak mengenakan biaya sepeserpun untuk Memberan aplikasi selain yang di jelaskan di poin-poin selanjutnya

    2. Simpelin mengenakan biaya Rp 100,-/Nota dari setiap nota dibentuk oleh outlet.

    3. Cetak Nota tidak dikenakan biaya

    4. Biaya akan dibebankan kepada Kredit Produk Outlet.

    5. Simpelin akan memberitahukan lebih lanjut kepada member jika ada perubahan harga.

    6. Simpelin mengenakan biaya 1% dari total tagihan yang diberikan kepada pelanggan melalui Pembayaran non-tunai.

    7. Simpelin tidak mengenakan biaya untuk pembayaran tunai.

  6. Harga
    1. Harga Produk/Jasa yang terdapat dalam situs Simpelin serta Aplikasi Simpelin Mitra adalah harga yang ditetapkan oleh outlet masing-masing.

    2. Member memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Member. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga produk / jasa yang tidak disengaja, Outlet dapat melakukan pembatalan transaksi/nota dan membuat nota dari awal.

    3. Member memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara outlet dan pelanggan tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Simpelin.

    4. Situs Simpelin serta aplikasi smartphone Simpelin Mitra untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

  7. Konten
    1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Simpelin, Member dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Simpelin. Simpelin berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi outlet, pemblokiran akun, dan lain-lain.

    2. Member dilarang mempergunakan foto/gambar produk/jasa yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.

    3. Member dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Member adalah tanggung jawab Member secara pribadi.

    4. Member menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Member kedalam situs Simpelin. Setiap Member dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Simpelin.

  8. Penarikan Dana
    1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.

    2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, CIMB Niaga apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Member.

    3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Simpelin, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Member memahami dan menyetujui bahwa Simpelin berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Member.

    4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin 8.c dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Simpelin.

  9. Pembaharuan
    1. Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Simpelin menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Simpelin, maka Member dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.


Diperbaharui tanggan 24 September 2020